Evaluasi Fitur LMS Universitas Muhammadiyah Malang Terhadap Kebutuhan Dosen dan Mahasiswa di Tengah Pembelajaran Daring
Abstract
Wabah virus covid-19 yang tengah melanda Indonesia saat ini membawa pengaruh besar terhadap sector kehidupan, termaksud sector pendidikan. Pada sector pendidikan, sistem pembelajaran yang semula tatap muka beralih ke sistem pembelajaran jarak jauh atau daring. Oleh karena itu lembaga pendidikan harus memiliki media pembelajaran berbasis teknologi untuk menunjang pembelajaran daring yang memiliki fitur lengkap dan ramah pengguna. Salah satu media pembelajaran yang sering digunakan adalah e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi fitur-fitur LMS terhadap kebutuhan dosen dan mahasiswa ditengah pembelajaran daring dengan menggunakan teknik persona HCI untuk memudahkan peneliti dalam memahami karakteristik dan variable perilaku pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur yang tersedia pada LMS Universitas Muhammadiyah Malang sudah cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh atau daring. Namun masih diperlukan pengembangan lebih lanjut seperti tambahan fitur absen, notifikasi deadline tugas pada email mahasiswa dan fitur zoom atau google meet untuk pembelajaran secara virtual.
References
K. Arizona, Z. Abidin, and R. Rumansyah, “Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 64–70, 2020, doi: 10.29303/jipp.v5i1.111.
W. Lubis, “Analisis Efektivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 5, no. 1, pp. 139–140, 2020.
P. Chyan, “Perancangan Learning Management System Sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 6, no. 1, pp. 7–13, 2021, doi: 10.36341/rabit.v6i1.1521.
E. Wicaksana, “Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 117–124, 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1937.
V. A. Tandirerung, “Analisis Performansi LMS SYAM OK dalam Pembelajaran di UNM,” J. Mediat., vol. 4, no. 1, p. 42, 2021, doi: 10.26858/jmtik.v4i1.19967.
K. M. Ghufron, W. A. Kusuma, and F. Fauzan, “Penggunaan User Persona Untuk Evaluasi Dan Meningkatkan Ekspektasi Pengguna Dalam Kebutuhan Sistem Informasi Akademik,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 3, no. 2, pp. 90–99, 2020, doi: 10.31598/sintechjournal.v3i2.587.
B. Robi’in and Z. A. Tyas, “Desain Aplikasi Mobile Panduan Sholat Dan Doa Untuk Anak Gangguan Pendengaran,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 3, pp. 290–297, 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i3.366.290-297.
A. F. Istifani and Sholiq, “Inspirasi Profesional Sistem Informasi,” J. Sisfo, vol. 07, no. 02, pp. 165-180 Sistem, 2018.
E. D. Wahyuni, W. A. Kusuma, H. R. Abdillah, and H. Y. Sari, “Perspektif Awam Dalam Implementasi Elisitasi Kebutuhan Menggunakan User Persona,” Sistemasi, vol. 9, no. 3, p. 468, 2020, doi: 10.32520/stmsi.v9i3.854.
L. P. Gusrinda, L. Fanani, and A. A. Supianto, “Perancangan User Experience Aplikasi Pendukung Evaluasi dan Analisis Proses Pembelajaran untuk Guru Berbasis Android dengan Metode User - Centered Design dan Design Solution,” vol. 4, no. 4, 2020.
E. D. Wahyuni, T. Wahyuni, N. R. Astutik, S. A. Handayani, and W. A. Kusuma, “SISTEM INFORMASI KEHADIRAN DOSEN,” pp. 221–229, 2019.
N. A. Lestari and E. Retnoningsih, “Animasi Interaktif Pengenalan Agama Islam Untuk Anak Usia Dini Pada TK Al-Ikhwan Bekasi,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 2, no. 2, pp. 159–168, 2018, [Online]. Available: http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/909.
W. A. Kusuma, M. R. Ashari, and C. D. Oktaviani, “Penggunaan User Persona Untuk Evaluasi Dan Kebutuhan Perangkat Lunak ( Studi Kasus : Pengaruh Kurangnya Dosen Pengajar Dan Ruang Kelas Terhadap Sistem Penjadwakan ),” pp. 171–183, 2020.
D. Tresnawati, L. Fitriani, and A. M. Fauzan, “Rancang Bangun Aplikasi Fasilitas Ibadah Keagamaan Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 17, no. 1, pp. 60–67, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.17-1.60.
Copyright (c) 2023 Jurnal Repositor

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
All material contained in this journal is protected by law. It is prohibited to quote part or all of the contents of this journal for commercial purposes without the approval of the editorial board of the Repositor Journal. If you find one or more articles contained in the Repositor Journal that violate or have the potential to violate your copyright, please report it to us via email at repositor@umm.ac.id. The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal refers to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 license. All information contained in the Repositor Journal is academic in nature. Repositor Journal is not responsible for losses that occur due to misuse of information from this journal.